HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PT Kupang

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Tinggi Kupang

Selamat datang di website Pengadilan Tinggi Kupang

Pengambilan Sumpah / Janji Advokat

on Kamis, 04 Maret 2021. Posted in Berita Terkini

WAKIL  KETUA  PENGADILAN  TINGGI   KUPANG

MENGAMBIL  SUMPAH/ JANJI ADVOKAT

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, F.Willem Saija, Kamis, (4/3/2021), bertempat di kantor Pengadilan Tinggi Kupang,  mengambil sumpah/janji sebelas orang Advokat dari tiga organisasi advokat,  Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Perhimpunan Advokat dan Pengacara Nusantara (Peradan) serta Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI)

Dalam sambutannya, Wakil Ketua menyampaikan, advokat memiliki peran strategis dalam penegakan hukum. Advokat juga memiliki posisi terhormat (officium nobile), karena itu diharapkan kepada para advokat muda yang baru dilantik, selalu menjaga citra, martabat, dan kehormatan profesi itu. Dari sisi kedudukan, advokat setara dengan aparat penegak hukum lainnya seperti Polisi, Jaksa dan Hakim.

Ditambahkan pula, bahwa sebagai advokat muda harus terus belajar dan mengasah kemampuan  untuk menangani persoalan hukum yang kompleks di masyarakat.  Masyarakat sebagai subjek hukum membutuhkan Advokat untuk membantu menegakkan keadilan. Sasaran menghadirkan Advokat adalah memberikan bantuan hukum bagi terdakwa serta membantu hakim dalam menemukan kebenaran.

Dalam konteks ini, “saya berharap saudara-saudara akan selalu mentaati isi sumpah tadi, bahwa saudara dalam melaksanakan tugas profesi didalam atau diluar pengadilan tidak akan memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada hakim, pejabat pengadilan atau pejabat lainnya agar memenangkan atau menguntungkan bagi perkara klien yang sedang atau akan ditangani”, tuturnya.

 

          Turut hadir pada acara tersebut, Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Cabang  Kota Kupang, Philipus Fernandez.      

Acara pengambilan sumpah/janji tersebut dilaksanakan dengan  menerapkan protokol kesehatan secara ketat, peserta dan undangan wajib menunjukan hasil tes rapid antigen, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (OR).