HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PT Kupang

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Tinggi Kupang

Articles in Category: Berita Terkini

Ketua Pengadilan Tinggi Kupang Mengambil Sumpah Advokat

on Rabu, 20 Januari 2021. Posted in Berita Terkini

 

KETUA PENGADILAN TINGGI KUPANG

MENGAMBIL SUMPAH  ADVOKAT

 

Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, Dr. H. Ali Makki, SH.,M.H., bertempat di ruang aula Pengadilan Tinggi Kupang, Rabu, 20 Januari 2021, mengambil sumpah 54 Advokat baru, dari Organisasi Advokat DPC PERADI (Perhimpunan Advokat Indonesia) Kupang, 48 orang dan PPKHI (Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia), 6 (enam) orang

 

 Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Kupang Dr. H. Ali Makki, SH.,MH, mengemukakan, para Advokat selalu mengingat sumpahnya sebagai salah satu penegak hukum untuk ikut menegakkan hukum dan memberi jasa layanan hukum kepada masyarakat, dengan tidak menodai profesinya untuk terlibat KKN dengan seluruh aparat Pengadilan dan lainnya di wilayah NTT. Beliau juga menegaskan, Advokat harus terlibat dalam program Mahkamah Agung RI sebagai Peradilan Modern dgn penggunaan E Litigasi, E Court Banding dan penggunaan aplikasi-aplikasi Pengadilan di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), sesuai Perma Nomor 1 Tahun 2020, yang semuanya ditujukan untuk pelayanan prima dengan memangkas jarak dan waktu dalam penggunaan teknologi informasi.

 

 

Diharapkan para advokat dalam menjalankan tugas tidak melakukan penyimpangan namun tetap memberikan pelayanan prima dan cepat kepada klien untuk memperoleh keadilan yang cepat dan sederhana. Para Advokad juga diminta untuk membantu Pengadilan di wilayah NTT dalam program pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, Para Hakim Tinggi, Rohaniawan, para saksi, Pengurus DPC IKADIN Kupang, dan Perwakilan PPKHI Pusat dengan penerapan protokol kesehatan covid 19 secara ketat.

Pengadilan Tinggi Kupang Lakukan Inovasi Perpanjangan Penahanan Banding

on Rabu, 13 Januari 2021. Posted in Berita Terkini

PENGADILAN  TINGGI  KUPANG

LAKUKAN   INOVASI  PERPANJANGAN PENAHANAN BANDING

Pemanfaatan sarana teknologi informasi untuk menunjang tugas pokok Pengadilan menuju Peradilan modern merupakan kebutuhan.  Terkait hal ini, Rabu, 13 Januari 2021, bertempat di ruang Media Center, Pengadilan Tinggi Kupang telah melakukan sosialisasi Aplikasi Perpanjangan Penahanan Pengadilan Tinggi (APPETI). Aplikasi ini merupakan salah satu inovasi dibidang pelayanan publik  khususnya perpanjangan penahanan tingkat banding. Selama ini, pengajuan permohonan banding dari satuan kerja Pengadilan Negeri di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Kupang, masih dilakukan secara manual. Pengiriman dokumen ke Pengadilan Tinggi juga membutuhkan waktu  dan dirasakan lambat, Untuk mengatasi kelambatan itu, salah satu terobosannya, adalah APPETI.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, setiap satker dapat membuka link yang sudah ditetapkan lalu masukan password dan PIN. Setelah aktivasi lalu diteruskan dengan mengisi data pada menu dashboard. Kemudian mengunggah dokumen elektronik yang sudah di scan dan identitas lain pada form yang ada. Pengadilan Tinggi setelah menerima permohonan lalu memprosesnya dan dalam waktu hanya  beberapa menit penetapan perpanjangan penahanan dimaksud bisa selesai, dan langsung dapat dikirim ke satker.

Dalam sambutan pengantar sosialisasi, Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, Dr. Ali Makki, SH, MH, mengatakan inovasi yang dilakukan ini sejalan dengan upaya Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya menuju era peradilan modern yang menggunakan media teknologi informasi dalam semua aspek. Dia juga mengharapkan setelah sosialisasi ini, jika ada upaya hukum banding khususnya perkara yang terdakwanya ditahan, proses perpanjangan penahanan dari Pengadilan Negeri ke Pengadilan Tinggi, langsung melalui APPETI. Dengan demikian perpanjangan tingkat banding segera dapat diterima mitra kerja pengadilan di daerah seperti pihak Kejaksaan, Terdakwa dan Penasihat Hukum maupun pihak Rutan setempat.

Sosialisasi juga diikuti dengan simulasi proses penanganan permohonan perpanjangan penahanan oleh tim IT Pengadilan Tinggi Kupang atas permohonan dari salah satu satker.  Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh satuan kerja Pengadilan Negeri se-NTT dan mendapat sambutan positif.